Wednesday, April 18, 2012

Kawah Putih - Ciwidey

Berbicara tentang Kawah Putih, pasti semua orang akan langsung terbayang akan aroma belerang, asap, dingin, dan keindahan alamnya yang lain. Kawah Putih adalah sebuah tempat wisata di daerah Ciwidey - Jawa Barat. Pertama kali saya menjelajah ke daerah ini, saya ditemani oleh anggota keluarga saya. Tempatnya memang agak jauh dari pusat perkotaan Kota Bandung, kira-kira hampir 1,5 jam s/d 2 jam, tergantung situasi jalan. Jika anda bertempat tinggal di Jakarta seperti saya dan ingin menuju daerah Kawah Putih, sangat disarankan agar anda berangkat di pagi hari, sekitar pukul 6.30, karena perjalanan ke Kawah Putih waktu tempuh hampir mencapai 4 jam dari Jakarta.

Berikut adalah laporan perjalanan saya menuju Kawah Putih:

Kami berangkat dari Jakarta menuju Kawah Putih melalui tol Cikampek - Purbaleunyi. Kami masuk melalui tol tebet, lurus terus, dan pada kilometer ke-65 kita ambil yang pecahan jalan ke kiri untuk menuju ke Bandung, dan kami keluar di tol KOPO. Dari pintu keluar tol KOPO, kami langsung belok kiri, mengambil arah menuju SOREANG, lalu terus mengikuti petunuk arah yang sudah sangat gamblang menghantarkan ke Soreang, setelah itu ikuti petunjuk arah menuju Ciwidey. Setelah beberapa jam, melalui jalan yang terjal dan berliku-liku, akhirnya sampailah di pintu gerbang bertuliskan "WISATA KAWAH PUTIH - CIWIDEY"..hmm udara segar nan menyejukkan, pemandangan yang indah, seakan-akan tidak sia-sia perjalanan jauh yang telah kami tempuh. Kami memparkir mobil kami di tempat parkir yang telah disediakan, dan menyambung dengan angkot kecil yang telah disediakan dengan membayar Rp. 25.000,-/orang (jika harga belum berubah) *harga sudah termasuk ongkos masuk tempat wisata dan tarif angkot naik turun. Bagi anda yang ingin membawa mobil anda menuju langsung ke kawah putih akan dikenakan tarif yang lebih mahal,    mobil anda akan dikenakan tarif Rp. 100.000,- untuk menuju ke atas, dan para penumpang akan dikenakan tarif Rp.15.000,-/orang (jika harga belum berubah).

Perjalanan menggunakan angkot ini waktu tempuhnya kira-kira setengah jam. Udara yang dingin mulai menusuk di sepanjang jalan menuju ke atas, maka disarankan bagi anda untuk menggunakan pakaian hangat, dan membawa masker. Hmm begitu angkot tiba di pangkalan atas, kami sudah sangat tidak sabar untuk menuju ke Kawah Putihnya. Yappp tidak salah jika orang-orang sangat menyukai berwisata ke Kawah Putih ini, karena begitu kami melihat keindahan alamnya, sungguh segala rasa letih, penat langsung hilang lenyap. Keindahan alam selalu saja membuat saya terpukau :). 

Setelah selesai menikmati Kawah Putih, anda dapat juga memilih wisata lain di daerah ini, yaitu Situ Patenggang ataukah wisata memetik Strawberry. Disarankan bagi anda yang membawa anak-anak, dapat melakukan wisata petik Strawberry, karena hal ini memberikan pengalaman tersendiri bagi anak-anak anda, dimana anak-anak dapat langsung merasakan buah langsung dari pohonnya, dan dapat melakukan pemetikan sepuasnya. Tenang saja, harga dihitung berdasarkan kiloan, jika belum berubah harga per kilo adalah Rp.30.000,-.





Jangan takut menempuh jarak jauh ataupun rintangan apapun, karena perjalanan ke Kawah Putih ini tidak akan sia-sia..Dapat menghilangkan segala kepenatan, kejenuhan anda :)..Selamat mencoba

No comments:

Post a Comment